Cara Menghapus Virus Shortcut Tanpa Software


Virus Shortcut atau disebut juga Ramnit adalah sebuah virus yang menyerang file dengan Ekstensi EXE dan DLL, dan sesuai namanya shortcut, maka hal yang menjengkelkan dari virus ini adalah selalu membuat shortcut yang tidak jelas.

Salah satu ciri yang mencolok adalah semua file maupun folder akan berubah menjadi shortcut dan file ataupun folder aslinya disembunyikan (hidden) oleh virus tersebut. Untuk melihat file maupun folder aslinya sebenarnya bisa dialkukan pada pengaturan folder option.
Buka Windows Explore, Pilih Tools > Folder Options > View. Pada bagian Hidden Files and Folders Pilih Show Hidden Files and Folders dan dibagian bawah cari Hide Protected Operating System (Recomended) kemudian hilangkan centangnya. Selanjutnya Klik OK untuk menutup window Folder Option
Dengan mengikuti langkah di atas sebenarnya file dan folder Anda sudah dapat dibuka namun dalam keadaan ter-hidden (bukan hidden biasa). Bagaimana cara mengatasi virus shortcut tersebut. Sebenarnya bukan perkara yang sulit dilakukan hanya dengan menggunakan tools bawaan windows yakni CMD.

Iya hanya dengan bantuan cmd ini kita dapat menghapus virus shortcut pada Flash Disk maupun pada komputer/laptop.

Langkah-langkah Menghapus Virus ShortCut

  • Buka windows Explore dan perhatikan drive FD. Misal Drive G
  • Tekan tombol Win + R pada keyboard untuk membuka Windows RUN
  • Ketikkan "CMD" (tanpa tanda petik) kemudian klik OK
  • Muncul window CMD ketikkan drive FD: Anda. Misal G: kemudian tekan ENTER
  • ketikkan ATTRIB -S -R -H /S /D kemudian tekan ENTER

  • Tunggu sampai proses selesai. Perintah di atas berfungsi untuk mengembalikan file dan folder yang terjangkiti virus shortcut
  • Periksa file dan folder Anda pada FD. FIle dan folder yang sebelumnya ter-hidden akan kembali normal
  • Langkah selanjutnya hapus semua file dan folder shortcut yang tidak jelas. Caranya buka kembali CMD dan ketikkan perintah DEL *.LNK
  • Untuk virus shortcut yang ada pada komputer/laptop cara menghapusnya sama saja dengan langkah di atas. Pada langkah ke-4 Ganti drive FD menjadi drive komputer Anda dan ikuti langkah selanjutnya.
Demikian Sobat cara menghapus virus shortcut tanpa software semoga bisa bermanfaat. Saran dan kritikan selalu saya nantikan untuk perbaikan artikel selanjutnya. Terima kasih.