Cara Membuat Folder Super Hidden untuk Menyembunyikan File


Folder yang memiliki attribute system dan hidden biasanya folder khusus yang dimiliki oleh windows. Bagaimana dengan user, apakah bisa melakukan super hidden pada folder rahasia? Seperti halnya yang dapat dilakukan oleh sistem operasi windows.

Banyak file penting yang bersifat privacy pada media penyimpanan, banyak cara mengamankan folder tersebut. Salah satunya dengan membuat folder khusus yang di super hidden.

Trik ini sebenarnya cukup simpel, kita hanya memanfaatkan tools bawaan windows itu sendiri yakni CMD (Command Prompt). Tools yang satu ini memang cukup jadul dari segi tampilan dan perintah, tapi dengan tools ini banyak hal yang dapat dilakukan, salah satunya yang kita bahas sekarang ini.

Oke sekarang bagaimana caranya untuk menyembunyikan folder? dengan memanfaatkan bahasa pemrograman DOS? Pasti sudah banyak yang tahu, tapi berdasarkan pengalaman saya masih banyak juga yang belum tahu trik ini.

Cara membuat folder super Hidden

  1. Klik start > Run. Ketikkan CMD.

  2. Tekan OK atau enter maka akan muncul window seperti gambar berikut:

  3. Cari direktori mana folder atau file yang akan kita sembunyikan berada. misalnya folder pribadi saya bernama "Bloger" terletak di drive "D" . Maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah pindah drive dari drive "C" ke drive "D" dengan mengetik D: kemudian tekan enter. jika langkah yang anda lakukan benar, maka akan tampak seperti dibawah:

  4. Selanjutnya kita akan lihat folder "Bloger" pada drive D. Caranya ketik dir. maka akan tampil semua folder yang ada pada drive D.

  5. Selanjutnya ketik attrib +s +h Bloger kemudian tekan enter. lihat gambar dibawah:

  6. Selesai

Bagaimana Hasilnya?

Ini yang paling ditunggu-tunggu. Apabila kita memberi attribut sistem dan hidden maka folder tersebut tidak akan bisa terlihat, walaupun dengan cara yang lazim kita lakukan yaitu lewat tools > folder options > view kemudian beri tanda centang pada Show hidden files, folders and drives, semua usaha itu sia-sia. folder yang sudah diberi attribut tersebut tidak akan terlihat. Kecuali jika Anda menghilangkan centang pada Hide protected operating system files (Recomended).

Bagaimana Cara Mengembalikkannya?

Cukup mudah sobat, ulangi langkah-langkah di atas pada point ke-5 ketikkan attrib -s -h Bloger. Tanda + diganti dengan tanda -.

Sekian semoga bisa bermanfaat.