Memproteksi Wallpaper Agar Tidak Bisa Diubah Pada Windows


Memproteksi wallpaper agar tidak bisa diubah, terkadang diperlukan jika kita ingin wallpaper kesukaan kita tidak bisa diubah atau diganti oleh orang lain yang menggunakan komputer kita.

Sebenarnya wallpaper tersebut masih bisa diubah dengan mengatur setting registry atau pada Group policy namun jika menggunakan cara biasa yaitu klik kanan di desktop kemudian mengatur di Display Properties maka fitur untuk mengganti wallpaper tidak aktif.

Untuk mengunci wallpaper agar tidak bisa diganti lakukan prosedur berikut:
  1. Pilih Start -> Run , kemudian ketik gpedit.msc kemudian Klik OK
  2. Akan terbuka Window Local Group Policy Editor. Pilih Local Computer Policy - User Configuration - Administrative Template - Control Panel - Personalization.


    Double klik Prevent changing desktop background
  3. Pada kotak dialog berikut pilih "Enable" kemudian Klik OK

  4. Tutup/close window Group Policy Editor.
Sekarang coba klik kanan pada desktop Anda dan pilih Personalize, pada bagian untuk mengganti wallpaper desktop akan ter-disable.

Catatan:
Untuk mengaktifkan kembali tombol Browse pada Display Properties di atas , maka pada  langkah 3 pilih "Disable" atau "Not configured"

Selain pilihan menonaktifkan penggantian wallpaper desktop, dengan mengubah beberapa fitur lain di Group Policy Editor kita juga dapat melakukan:
  • Mengunci skema warna dari tema desktop.
  • Mengunci tema yang Anda gunakan.
  • Mengunci ikon desktop.
  • Mengunci pengaturan sound.
  • dan lai-lain
Pada bagian Personalization di Group Policy Editor kita ubah menjadi enable semua yang ada 16 pengaturan. Maka pada saat kita klik kanan pada desktop kemudian kita pilih personalize maka semua akan terkunci.



Sekian artikel Cara Memproteksi Wallpaper Tidak Bisa Di Ubah. Semoga bermanfaat dan nantikan artikel menarik lainnya yang akan saya shared nantinya..