5 Cara Mengatasi Wireless Tidak Bisa Connect


Kembali lagi sobat blogger, kali ini saya ingin berbagi pengalaman yang sempat membingungkan. Kenapa tidak di kampus ada wireless alias wifi gratis, tapi laptop tidak bisa connect karena tidak dapat mendeteksi jaringan wireless yang ada.

Cemburu liat teman-teman saya online gratis, saya ajukan beberapa pertanyaan ke Om ane (Om Google) tentang apa yang mengganjal perasaan saya, ya Kenapa Wireless laptop saya tidak bisa mendeteksi wifi padahal saya ada di area wifi tersebut.

Beberapa jawaban yang diberikan saya coba tapi tetap tidak bisa, windows bilang No Wireless Networks were found in range. tapi saya tidak putus asa dan akhirnya saya dapat satu jawaban yang bisa mengatasi permasalahan saya.

Ok langsung saja berikut ini cara mengatasi wireless yang tidak bisa connect:

#1. Periksa apakah tombol wifi sudah dihidupkan

Indikasi tombol wifi sudah hidup adalah lampu yang menyala pada tombol tersebut. Jika tombol wifi sudah anda tekan, tapi tidak ada nyala lampu atau tidak ada lambang wifi sama sekali di layar sebelah kanan bawah windows anda, kemungkinan anda belum menginstall driver wifi anda atau driver bawaan laptop anda tidak cocok. Laptop anda biasanya disertai CD Driver atau anda bisa mendownload di situs merek laptop anda.

#2. Hidupkan Wireless Zero Configuration

Jika tombol wifi sudah menyala, lambang wifi ada tapi tidak bisa mendeteksi jaringan hotspot, maka ada kemungkinan Anda belum menghidupkan Wireless Zero Configuration. Anda bisa menghidupkannya dengan menuju
Start->Run->ketikkan services.msc
Setelah muncul Jendela Services akan ada banyak nama service disana
Cari Wireless Zero Configuration
Klik kanan->Properties
Setelah muncul Jendela Wireless Zero Configuration Properties
Cari Startup Type
Jika masih manual, ubah jadi “Automatic” dan klik OK.
Disini Anda akan kembali lagi ke Jendela Services awal. Klik kanan lagi di Wireless Zero Configuration dan pilih Restart untuk menghidupkan Service Wireless Zero Configuration supaya bisa mendeteksi hotspot di sekitar anda.

#3. Bersihkan sisa koneksi hotspot

Jika wifi anda sudah bisa mendeteksi hotspot tapi tetap tidak bisa connect, maka kemungkinan anda harus membersihkan “sisa” koneksi hotspot anda yang lama.
Klik ke lambang wifi di pojok kanan bawah
Masuk ke advanced setting, disini akan keluar kotak
Kemudian masuk advanced,
jika anda melihat ada nama-nama hotspot yang dulu pernah tersambung dengan anda, maka hilangkan semua dengan mengklik tombol remove hingga nama-nama hotspot tersebut hilang. Sekarang coba kembali untuk connect ke hotspot anda.

#4. Install ulang Windows

Install ulang Windows bisa menjadi solusi jika windows anda ternyata sudah tidak stabil dan menyebabkan wifi anda bermasalah.

#5. Gunakan Software WeFi

Dari ke empat Cara Mengatasi Wireless Tidak Bisa Connect di atas semua saya sudah coba dan masih tidak bisa connect. Solusi terakhir yang saya coba adalah Menggunakan Software WeFi, sobat bisa mencarinya di google atau langsung saja sobat download di link download yang ada di bawah.
Nama File : WeFi 4.0.0.16
Ukuran File : 5,7 Mb
Link Download : WeFi For WinXP
Available : Windows XP, Windows Vista, Windows CE
Itulah sobat artikel Cara Mengatasi Wireless Tidak Bisa Connect yang sempat saya bahas kali ini, jika ada kritikan dan saran silahkan tinggalkan komentar sobat.