Tutorial Flash: Cara Flash HP Nokia Menggunakan BEST (Bb5 Easy Service Tools)


Pada postingan sebelumnya kita telah membahas bagaimana flash ponsel Nokia dengan menggunakan software JAF. Kali ini saya akan memberikan tutorial flash ponsel Nokia yang lain dengan menggunakan software BEST (Bb5 Easy Service Tool).
Baca Juga: Cara Flash HP Nokia via USB dengan JAF.
Sebelum melakukan flashing, siapkan tools yang digunakan terlebih dahulu, yaitu:
#. Firmware HP kalian, download DISINI
#. Nokia PC Suite, Download DISINI
#. nokia connectivity cable driver download DISINI
#. nokia flashing cable driver download DISINI
#. BEST (Bb5 Easy Service Tool) dan bisa anda download DISINI.

Jika semua alat dan perlengkappannya sudah di download, langkah selanjutnya adalah menginstal alat tempurnya, pertama-tama, install dulu "nokia connectivity cable driver" dan kemudian install juga "nokia flashing cable driver".
Catatan
Melakukan Flash HP Nokia menggunakan BEST terdapat beberapa pilihan mode yang disediakan oleh BEST, tergantung dari Sobat mau menggunakan mode apa dan tergantung juga pada keadaan ponsel sobat.

Cara Flashing Nokia S40 (java) Mode Full Flash

  1. Hubungkan hp dengan komputer, dan pilih "PC SUITE" di hp mu.
  2. Buka software BEST, dan tunggu sebentar hingga ponsel tersambung dengan BEST, jika sudah tersambung bisa dilihat di bagian bawah BEST muncul type hp kamu.
  3. Jika sudah tersambung, lihat ss berikut ini:

  4. Lihat di bagian kanan, Klik MCU dan cari file mcusw-nya klik open. Kemudian klik PPM1 dan cari file .ppm-nya klik open. Kemudian klik CNT1 dan cari file .image-nya klik open.
  5. di kolom "Flash Mode Setting" di bagian bawah BEST, pilih FULL FLASH, lalu langsung saja klik flash. Jika sudah selesai, hpmu akan menyala dengan sendiri.

Update 27 Januari 2014


Cara Flashing Nokia S40 (java) Mode Normal/Manual

  1. Masuk ke TAB Flashing.
  2. Pilih RM hp Anda
  3. Masukkan file mcusw, ppm, dan file image ponsel Anda
  4. Centang sesuai keperluan.
  5. Centang Set Normal agar HP langsung menyala setelah proses flashing selesai.
  6. Pada Flash mode setting pilih Manual.
  7. Kemudian klik FLASH

Cara Flashing Nokia S40 (java) Mode PPM Only

Langkah-langkahnya sama halnya dengan Cara Flashing Nokia S40 (java) Mode Normal/Manual namun pada langkah ke-6 pilih PPM Only Pada Flash mode setting. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:

Cara Flashing Nokia S40 (java) Mati Total

Untuk Anda yang mengalami HP Nokia matot, jangan buru-buru bawa ke tukang services coba dulu yang ini. Mungkin dengan trik ini Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya services ponsel Anda. Cara ini juga sering saya gunakan jika gagal dalam flash HP serta HP yang tidak terdetek oleh BEST. Pada trik ini langkah-langkahnya sama saja namun sebelum langkah ke-6 kita Centang Dead Mode. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:

Itulah beberapa Cara mudah Flashing HP Nokia BEST (Bb5 Easy Service Tool) yang sempat saya paparkan semoga bermanfaat. Jika ada saran dan kritikan silahkan tinggalkan komentar Anda.